6 Hari Solo Trekking Annapurna Basecamp Himalaya tanpa Guide & Porter

Inspired by Casey’s video: do what you can’t, gw memutuskan untuk solo trekking ke ABC tanpa guide/porter/teman. Literally s-e-n-d-i-r-i-a-n. Dan rasanya luarrrr biasa. Salah satu luxury terbesar gw kemarin itu kebebasan. Bener2 bebas untuk ngapain aja. Bener, banyak naik turunnya, tapi trip gw ke Nepal selama 2 minggu di April – May 2017, mungkin akan jadi salah satu cerita unik yang gw lakuin ketika orang-orang bilang: jangan. Anyway, ini cerita gw solo trekking ke ABC. Enjoy!

Annapurna Base Camp (ABC) / Annapurna Sanctuary termasuk dalam trek pendek yang bisa bikin lo face to face dengan pegunungan Himalaya. Sebenernya trek nya ga pendek – pendek banget. Tapi semua bergantung sama mental dan kondisi fisik waktu ngejalanin trek. FYI, tipe trekking di Nepal untuk beberapa jalur ga butuh peralatan camping, tenda, dan lainnya. Disini bakal ada guesthouse tiap 2-3 jam tergantung kecepatan trek. Ini beberapa jenis trekking di Nepal.

Sebelum nge-trek, ini jalur yang harus dilaluin:

• Arrival pasti di Kathmandu, kecuali you lewat jalur darat lewat India/Tibet/Bhutan.
  • Dari Kathmandu harus pindah kota ke Pokhara. Transportasi yang bisa dipake:

Price

Time

Tourist Bus $8 – $12 8 – 12 jam
    Local Bus $3 – $5 10 jam++
    Flight $100 – $130 30 menit
  • Kalo udah sampe di Pokhara, dari sini harus ke Nayapul untuk start trek. Pilihan transportasi:
    • Taxi: price range $15-$25 ~ 1 jam 30 menit
    • Bus: price: $3 ~ 3-4 jam

Sebelum gw mulai cerita, gw share mapnya ya biar kebayang gimana trek ke ABC ini.

annapurna-route-map

Trip overview:

Tanggal  Lokasi Durasi Jarak
Day 1 (24 Apr 2017) Nayapul – New Bridge 253 mins 33.14 km
Day 2 (25 Apr 2017) New Bridge – Dovan 306 mins 20.53 km
Day 3 (26 Apr 2017) Dovan – MBC 183 mins 16.29 km
Day 4 (27 Apr 2017) MBC – ABC – Bamboo 448 mins 32.91 km
Day 5 (28 Apr 2017) Bamboo – Chommrong 170 mins 12.52 km
Day 6 (29 Apr 2017) Chommrong – Siwai 359 mins 32.11 km

Total

1466 mins / 24 hours 147.5 km

Ini ngetracknya pake Samsung Health ya, jadi ga bener-bener exact. Karena biasanya gw start jalan jam 7 pagi, nyampe desa terakhir di hari itu jam 6 sorean, tapi kepotong lunch, istirahat dll. Semoga cukup ngasih rough estimation.

Day 1: Nayapul – New Bridge: Ini salah satu kesalahan terbesar gw. Gw jalan dari Nayapul ke New Bridge, sementara orang lain naik jeep ke Siwai atau local bus ke Ghandruk. Lebih baik save energy dimana kita bisa naik mobil dan travelling lebih cepat. Dari Nayapul ke Siwai, gw ngelewatin jalan jeep; jadi debuan, kotor, ga ada view – ga worth it banget buang energi dan waktu di sini.

Day 2: New Bridge – Dovan: New Bridge itu ~1300mdpl dan Dovan ~2600 mdpl. Jadi kita naik 1300 mdpl dalam sehari. Banyak tanjakan, terutama dari Jhinu – Chomrong – Sinuwa. Naik turun 2 bukit sekaligus brok! Di hari ke 2, gw trekking sama 3 turis dari Cina dan mereka punya porter dan guide. Lumayan, jadi ga sepi-sepi banget dan trekking sama orang lain bakal nambah kecepatan lu, apalagi kalo sama guide/porter. Ditungguin sambil diliatin terus kalo lambat =))

20170425_080829

Jembatan di Chommrong

Day 3: Dovan – MBC: Dari Dovan ke MBC ini jalannya mulai dingin, banyak tanjakan. Waktu di Deurali, ujannya udah mulai ujan es, jadi ga ada air lagi. Tapi, gw sendiri lebih mending ujan es daripada ujan air, soalnya walopun sakit kepentok2 es batu, baju sama celana ga basah. Beda sama ujan air yang bisa bikin basah dan berat jalannya. Oh ya, disini juga treknya mulai bersalju dan licin. Sangat disarankan pake hiking boots yang outer solenya tajam.

20170426_064045
Dovan, around 6AM in the morning
20170426_065638
Hutan..hutan..hutan…dari Dovan ke Himalaya

Dari Deurali ke MBC, gw trekking sama orang India (Koushik) sama porternya (Surya)

20170426_141707
Jalur trek Deurali ke MBC
20170426_153847
Lodge rasanya jauh bingits…
viewMBC
View dari lodge MBC

Day 4 MBC – ABC – Bamboo: Untungnya, sewaktu kita bermalam di MBC, seharian ujan salju. Jadi begitu malam, salju udah numpuk aja di halaman lodge. Kita start jalan dari MBC jam 4.25 pagi karena ngejar sunrise di jalan dan mau nyampe ABC bener2 pagi. Karena kalo udah siang, orang-orang udah pada turun, cuaca mulai cloudy, dan es juga mulai mencair. Jadi jalanlah kita gelap2 pake senter ke ABC pagi-pagi. Kita ga dapet sunrise dari ABC, tapi dapet sunrise di jalan ke ABC (jadi di tengah2 MBC ke ABC). Rasanya waktu jalan dari MBC ke ABC tuh kayak berada di tengah2 parkiran beer garden scbd, restoran sederhana, lot 8 dll yang di jalan sudirman. Bedanya kalo di Jakarta isinya gedung, ini gunung!!

20170427_060453

20170427_053851

tunjuk jari.JPG

Oke setelah puas foto2 di ABC, kita jalan balik ke MBC. Kalo kalian rencana sunrise ABC, better start as early as possible. Karena kalo sampe jam 8an, waktu itu cuacanya udah mulai berawan dan jam 11 siang di MBC udah ujan gede. Karena ujannya super gede waktu itu, Koushik dan Surya stay di MBC untuk 1 malam lagi. Sedangkan gw turun sendiri. Akhirnya, gw nginep di Bamboo. Sampe di Bamboo jam 6.15 an sore kalo ga salah. Turun dari MBC start dari jam 11. Awalnya kaki oke oke aja di sini, tapi begitu malam, wuahhhh dengkulnya berasa lemes susah gerak. Dari sini, lebih baik bawa salep buat ngelemesin otot deh, kalo ngga sakit nya lumayan ngehambat jalan.

Day 5 Bamboo – Chommrong: Bangun pagi-pagi, kaki masih sakit aja. Jadi awalnya, tujuan gw hari ini mau nginep di Jhinu Nanda. Di Jhinu ada hot-spring jadi bisa sambil relaksasi gitu. Tapi waktu gw lunch di Chommrong, gw lunch di Chommrong Cottage. Ternyata chocolate cakenya pernah di-feature sama Time magazine tahun 2010 (link). Jadilah gw stay disini karena tergoda sama makanan dan tempat yang pewe ini.

20170429_091426

Day 6 Chommrong – Siwai: Belajar dari kesalahan hari pertama, gw memutuskan untuk naik taksi dari Siwai untuk kembali ke Pokhara. Jadi gw mulai turun dari Chommrong jam 10an dan sampe di Siwai jam 3.30an. Dari Siwai, kita bisa naik alternatif transportasi berikut ke Pokhara:

• Local bus ($0.35 untuk foreigners / $0.2 untuk local Nepali)
  • Jeep (harga start dr $50 rupee – bisa sharing dengan lebih banyak orang – harus di nego)
  • Taxi (harga start dr $50 rupee – bisa sharing juga tapi kapasitas lebih dikit dari jeep – harus di nego juga)

Cost per hari gw kira-kira $15 – $25 termasuk tempat tinggal, makanan, ngecharge, dan wi-fi.

Overall, pengalaman trekking ini pertama dan seru banget, jadi kalo misalnya ada yang interested untuk trekking lagi, kita bisa traveling bareng.

Kategori Nepal

8 tanggapan untuk “6 Hari Solo Trekking Annapurna Basecamp Himalaya tanpa Guide & Porter

1. Halo mas, salam kenal.

Mau tanya nih:
    1. untuk penukaran uang dimanakah ya?
    2. perlu membawa sleeping bag kah?

Terima kasih sebelumya.

1. Hi bro ekhsan,
      1. Untuk penukaran mata uang bisa di thamel. Terus lebih baik bawa usd karena kursnya lebih untung. Kalo nuker nepalee rupee dari jkt jatohnya lebih mahal.
      2. Buat gw sih perlu bang, soalnya waktu di dovan dan MBC dingin waktu tidur..jd ga cukup selimut di inn nya

Suka

2. halo mas, kapan mau ke nepal lagi?

1. Halo Ditta, untuk sementara belum ada rencana untuk ke Nepal. Tapi kalo ada ajakan ke India tampaknya lebih menarik karena biaya lebih murah dan view nya lebih beragam 🙂

3. Hallo Mas Heriwian,

salam kenal mas,
    sya september besok mau ke ABC juga, untuk treking 6 hari kaya Mas Heriwian kita-kira harus ngebut ga jalannya?
    soalnya waktu sya cuma 7 hari di Nepal (Exclude 4 hari Jkt-Ktm-Pokhara).
    dan dari Siwai ke pokhara, taxi atau jeep nya ada waktu tertentu ga mas? harus pagi atau sore?

terima kasih yaa 🙂

1. Halo Kahfi,

Salam kenal juga 😀

Trekking 6 hari sih ga harus ngebut mas. Aku rada santai di hari ke 5 abis dari ABC. Waktu itu abis tidur di Bamboo, cuman jalan ke Chommrong 2-3 jam terus bermalam di sana.

Siwai ke Pokhara biasanya selalu ada yang standby untuk taxi atau jeep. Tapi diusahain nego aja untuk taxinya. Soalnya kalo sendirian, naik taxi langsung jalan. Sedangkan jeep harus nunggu yang lain.

Jangan lupa ke ke Sugar Mama di Chommrong ya bro! 🙂

1. Siaaap, mas Bro.
        thank you infonya yaa.
        nnt sya tanya” lagi yaa, lagi nyusun itenerary. hehehe