Tektok Gunung Merbabu 3.142mdpl via Selo

“Ketika waktu terpenjara namun jiwa ingin terbebas dari belenggu, maka pergilah ke tempat dimana hati akan berkata.. selamat datang bahagia”

Pernah gak kalian sebagai seorang perantau berada di tempat yang ga kalian familiar dan pengen explore setiap titik tempat tersebut? Yak, itu yang gw rasain selama kurang lebih 1 bulan di Semarang. Karena gw dikasih kesempatan untuk training oleh kantor, jiwa petualang (cie) yang sudah terkubur (byuh byuh) berbisik jalan…jalan… Pilihan gw jatuh pada Gunung Merbabu.

Merbabu, 3142 mdpl terletak di Jawa Tengah, lengkapnya provinsi apa bla bla bla, cek di sini ae bor. FYI, Merbabu sendiri ada 5 jalur pendakian:

• Jalur Selo (Boyolali)
  • Jalur Tekelan (Kopeng, Salatiga)
  • Jalur Suwanting (Magelang)
  • Jalur Wekas (Magelang)
  • Jalur Chuntel (Magelang)

Gw dan Andro (temen kantor yang juga ditempatin di Semarang) memilih menggunakan jalur Selo karena termasuk favorit dan view nya yang oke. Oh iya, kita juga memutuskan menggunakan porter karena kita cuman libur hari Sabtu dan Minggu. Jadi kita berangkat Sabtu malam, pulang minggu pagi dengan bantuan porter untuk mbawa logistik. Short itinerary kita dari kosan di Manyaran sampe Basecamp via Selo adalah sebagai berikut:

Jarak

Transportasi

Biaya

Manyaran – Terminal Ungaran Go-Car Rp46,000 / mobil
Terminal Ungaran – Terminal Boyolali (Jurusan Semarang – Solo) Bus Safari Lux Rp25,000 / orang
Terminal Boyolali – Basecamp Pak Parman di Selo Charter angkot dengan pendaki lain (shared cost ber4) Rp54,000 / orang

Jadi jalur pendakian Gunung Merbabu via Selo dibagi jadi 6 pos dengan urutan Post 1 – Post 2 – Post 3 – Sabana 1 – Sabana 2 – Puncak Kenteng Songo / Trianggulasi.

Basecamp Pak Parman, Selo
Di basecamp ini, kita bisa restock kebutuhan logistik seperti makanan, minuman, sarung tangan, headlamp etc. Pendaki juga diperbolehkan untuk menginap dan beristirahat disini tanpa dikenakan biaya. Kita sampe di basecamp jam 20.30 dan siap2 pendakian. Setelah ketemu dengan Pak Parman (yang punya basecamp) dan Mas Parman (yang jadi porter), kita start mendaki jam 10.15.

basecamp pak parman
Pak Parman, Gw, Andro, Mas Parman

Basecamp – Pos 1 (57 menit) / 10.15 – 11.12
Jalan ke Pos 1 masih selow, landai. Pokok e aman wes lah. Apalagi ga bawa barang apa2 tinggal jalan, enak e pol jos ^_^

Pos 1 – Pos 2 (43 menit) / 11.12 – 11.55
Di sini juga udah mulai nanjak pelan pelan, tapi jalanan masih doable tanpa pake bantuan tangan.

Pos 2 – Pos 3 (50 menit) / 11.55 – 12.45
Masih santai joss, tinggal meluncur dari pos 2 ke pos 3. Di pos 3 banyak banget pendaki yang bermalam di sini. Dari pos 3 juga kita udah bisa mulai ngeliat Merapi yang diselimutin awan. Gw sampe jam 12.45 di Pos 3. Karena di gunung dingin, Mas Parman menyarankan lebih baik kita jalan santai dan istirahat nya dibawah, karena kalo di atas dingin e pol rek. Jadi, kita break sampe 1.15 dan mulai jalan lagi ke Sabana 1.

Pos 3 dan lampu – lampu kota
narcis
Jalan pake tongkat, speed + 30%

Pos 3 – Sabana 1 (45 menit) / 01.15 – 02.00
Dengkul ketemu perut, dengkul ketemu perut, dengkul ketemu perut selama 20-30 menit dari total 45 menit jarak antar pos. Sabana 1 ini bagus kalo udah siang, sayang karena malam ya yang diliat langit tok. Oh, kemarin waktu gw ke sini ada yang nyalain kembang api di atas gunung. Mayan lah cetar-cetor dikit. Another break for 20 mins.

Sabana 1 – Sabana 2 (50 menit) / 02.20 – 03.10
Jalan landai, selow, pelan-pelan aja. Ga ada tanjakan serem, so far ini jalur paling enak di pendakian Gn Merbabu.

Sabana 2 – Puncak (1 jam 35 menit) / 03.10 – 04.45
1 jam 35 menit proses dengkul ketemu perut. Banyak dan rada lama nih disini. Terus biasanya banyak orang yang istirahat di tengah jalan, jadi ati2 kalo nanjak, guiz.

malem2
Pendakian subuh hari ditemani bulan purnama – ba dum tss ~

Kata Mas Parman, pendakian hari ini kemungkinan ada 300 – 400 orang yang bakal ada di Puncak. Buset, bener aja, Puncak Kenteng Songo emang udah rame banget jam setengah 5an. Karena melihat banyaknya orang-orang disitu, kita stay dulu di Puncak Trianggulasi. Puncak Trianggulasi dengan Kenteng Songo sendiri cuman beda 3 menit jalan kaki. Setelah menunggu 30 menit-an, sunrise pun datang.

sunrise ntap
Puncak Kenteng Songo dari Trianggulasi
merapi membelah awan
Gunung Merapi membelah awan
20170709_061536
Gunung Sumbing dan Sindoro
merah putih
Merah putih teruslah kau berkibar..di ujung tiang tertinggi, Indonesia-ku ini

Puncak – Basecamp (4 jam 13 menit) / 11.13
Setelah puas foto foto di puncak, kita turun jam 07.00. Karena matahari sudah terbit, akhirnya kita bisa lihat trek kayak gimana yang kita jajal waktu dari Sabana 2 ke Puncak.

track sampe puncak
Jalurnya yang tengah2 warna coklat
dengkul ktm lutut
Go Go Power Ranger ~
20170709_082257
Bisa jumpalitan di Sabana 2
ala2 sabana 2
Narsis di Sabana 2

Setelah tau jalanan begitu, gw beberapa kali amazed liat pendaki yang bawa carrier dan bisa lari lari kenceng. Setelah mengonfirmasi dengan Mas Parman, triknya adalah jangan berhenti step by step. Tapi jalan terus 10 step, yang penting mental keyakinan katanya. Terus, mendarat jangan dengan telapak kaki lurus, tapi rada miring dengan badan dimiringin sesuai arah kaki. Hal ini berguna untuk nge-rem badan kita buat jatoh.

Karena gw bawa porter, turun cuman pegang hp buat denger lagu bener2 mantap soul! Setel playlist lagu upbeat dan tinggal meluncur. Badan panas, adrenaline naik, ga usah takut jatoh ato capek karena bawa barang berat. Yah maklum, ane ga sekuat itu untuk lari-lari bawa carrier =))

Singkat cerita, kita sampe basecamp lagi pukul 11.15. Total trek kita adalah 13 jam. Sedangkan untuk jasa Mas Parman sendiri, bener2 recommended puoll. Harga di 550,000 per perjalanan. Gw ga tau harga pasaran porter sih, tapi doi orangnya ramah, mau ngajarin, terus literally hafal track landai berapa meter, nanjak berapa meter etc. Really recommended. Kalo butuh porter, gw saran kontak doi aja di +6285643455685.