Gunung Gede Lintas Jalur (Cibodas – Putri)

Akhirnya kagak sepik! Yak! Betul, kebanyakan SSI (sepik-sepik-iblis) bisa kagak jalan jalan nih trip. Bermula dari gw dan Ipe (temen kuliah dan kerja) demen lari belakangan ini, akhirnya cus meluncur kita ke Gunung Gede. Rencana awalnya kita ber3, tapi karena yang bersangkutan tidak bisa hadir, gas deh kita ber2 aja.

Baca – baca informasi sana sini di dunia maya, ternyata naik Gunung Gede minimal 3 orang! Jeger kaboom kapow, bingung. Karena pertama kali ke sini, jadi kita nekad-in aja untuk dateng malem dan cari rombongan untuk berangkat bareng (istilahnya nebeng group untuk daftar SIMAKSI). Pendaftaran juga harus dilakukan online melalui website dan bayar. FYI, berikut dokumen yang harus dibawa untuk naik Gunung Gede:

  1. Fotokopi identitas
  2. Print bukti transfer
  3. Print bukti konfirmasi pendaftaran

25 Agustus 2016

Kita naik mobil ke Gunung Gede. Pendaftaran kita masuk lewat Cibodas, turun lewat Cibodas. Ada sedikit drama di perjalanan. Jadi kita jalan jam 11 malem dari rumah gw, gw inget banget dialog berikut waktu di perjalanan:
Ian: “Pe, maps in ke Gunung Gede dong, jangan ke Cibodas”
Ipe: “Okeee”
——- di perjalanan setelah 1 jam ——
Ian: “Pe, 1 jam lagi sampe, kuy kuy kuy”
Ipe: “Gantian yan, capek gw”
—— gantian —–
—— gw liat Maps, ada yang aneh —–
Ian: “Pe, kok kita ngarah ke Cibodas?”
Ipe: “Anjis, salah !!!!!”

Screen Shot 2017-09-06 at 11.17.55 PM
Salah jalan sampe Cileungsi, harusnya ngarah ke Cibodas yang di bawah Gn Pangrango (kalo di peta)

Kembali ke jalan yang benar, akhirnya kita sampe di Basecamp Cibodas jam 2.30an. Disitu kita mulai nyari orang untuk bisa di join-in. Di basecamp Cibodas lah kita ketemu dengan Ferry. Emang mukjizat Tuhan itu nyata..ternyata Ferry adalah bagian dari KAJ (Keuskupan Agung Jakarta) dan mereka emang grup OMK (Orang Muda Katolik) yang suka naik gunung. Ditambah lagi, adek gw emang aktif kegiatan Katolik kan..dan emang tergabung di acara AYD yang kemarin ada di Jogja. Oke..buat beberapa yang kenal gw, tau lah ya gw kayak gimana. Ngerasa bisa join mereka udah kayak “Seriously, God? Is this for real????” And we go to sleep that night….in a car.

26 Agustus 2016

Kita mulai trek jam 10 pagi, setelah urus dokumen2 untuk mulai hiking. Disitu kita jalan ber11. 6 cowok 5 cewek.

20170826_093721
Atas: Thomas, gw, Ipe, Surya; Bawah: Prisca, Vany, Keked, Yanuar, Delfi, Sisca, Ferry, orang baju biru yang ga tau siapa
jalanawal
Sebelum masuk hutan, akan diperiksa SIMAKSI dan dokumen lainnya. Pastikan jangan bawa odol, sabun, dll guys

Setelah melalui perjalanan yang cukup panjang (6 – 7 jam), akhirnya kita sampe di Kandang Badak. Kalo berjalan dari Cibadak, jalurnya ini yang cukup panjang tapi landai. Kalo dibandingin sama Gunung Putri, Putri tuh lebih pendek tapi terjal. Kata orang orang yang naik Gede lewat Cibodas, biasanya banyak yang nyeletuk “Bonus”, yah emang banyak bonusnya sih =)

kandang badak
Di Kandang Badak ada tukang jualan air mineral, tapi harganya 15 ribu buat air mineral 600ml. Di sini juga ada mata air buat refill

Sebagai 2 anak ilang, gw dan Ipe emang cuma bawa barang seadanya. Jadi waktu makan malem dan join ke grup HFD (High For Dream) – kita terpesona sama makanan yang dibawa. Sebelumnya, gw kira naik gunung tuh cuman makan sederhana kayak indomie, sarden seadanya. Ternyata yang dibawa shabu shabu =)). Kaget, speechless dan merasa beruntung, lol.

makanmalam
Bandeng, shabu – shabu, telor, tempe dan nasi. 10/10 for the effort

Bermalam di tenda sendiri, gw dan Ipe mengalami sial sebelahan sama pendaki berisik. Buat klen yang baca jangan lupa kalo malem, semua orang bisa baca hasil percakapan 1 dan lainnya. Sama seperti hal nya gw dan ipe tau kalo orang sebelah dideketin temen SMP nya yang ternyata udah janda tapi katanya ditolak padahal yang ngedeketin hot.

27 Agustus 2017

Bangun jam 730 dan kesiangan dari tenda sebelah, kita langsung siap siap masak dan beberes. Berbeda dari plan awal untuk naik Cibodas turun Cibodas, kita ngikut Ferry dkk untuk turun lewat Putri. Berarti dari Kandang Badak sudah harus siap dengan full pack termasuk tenda, logistik, dll. Tapi berhubung kita cuman ber2, beban pun tidak begitu berat (~10 kg / orang). Bangun – Indomie – cuci2 – packing – meluncurrrr. Kita start jam 9.30 karena kesiangan dan ketinggalan Ferry dkk. Untung tapi bisa ketemu lagi dan bareng jalan ke Puncak.

ferrydiatas pohon
Ferry di atas pohon di atas tanah di atas gunung, Foto credit: Thomas
priscaberaksi
Nanjak Bu… Foto credit: Thomas
jalur ke puncak
Jalur ke puncak yang berbatu tapi aman karena udah ada tali
puncak
Pangrango dan bukit bukit
18236
Cungpret muncak

Ternyata di hari itu (27 Agustus 2017), Sisca sedang ulang tahun. Baru join, kaget ternyata Thomas bawa melon ke puncak gede. Mayan juga tuh buah.

romantis
Romantic level: 10/10, Foto credit: Thomas

Kita spend waktu sampe jam 13.30 di puncak, kemudian turun ke Surya Kencana. Di sini kita makan siang dan persiapan turun. Sedikit was-was juga karena waktu terus jalan tapi di kita yang jalan malah sendok ke mulut =))

Waktu makan makan siang ada insiden-prisca-kedinginan-sampe-kayak-jadi-ayam-kalkun. Di momen ini, gw merasa kalo gunung itu bener merubah orang. Kenapa? Karena secara religi, gw orang yang jarang ke tempat ibadah. Di sini gw ditempatkan sama teman-teman yang aktif kegiatan keagamaan. Personallu, gw merasa beruntung dan blessed naik gunung sama mereka.

barengblkng

Setelah itu kita turun dengan hati-hati. Bahaya banget turun gunung malam-malam karena harus hati-hati dan berbagai hal lainnya..Singkat cerita, kita sampe di basecamp Putri jam 11.30an dan langsung pulangggggg. Capek mpek mpek mpos tapi mantap. Dari trip ini, gw jadi suka banget naik gunung sampe naik gunung lagi 4x dalam 2 bulan ke depan. Tapi itu cerita buat post-post berikutnya yah 🙂

Kategori Gede Pangrango

Satu tanggapan untuk “Gunung Gede Lintas Jalur (Cibodas – Putri)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

Email herwian@gmail.com Jam I will help you ASAP. Just drop me an e-mail :)
%d blogger menyukai ini:
search previous next tag category expand menu location phone mail time cart zoom edit close