Tektok 23 KM Cibodas – Gunung Pangrango dalam 8 Jam

Cerita gw tektok Pangrango ini udah rada lama, sekitar November akhir 2017 tapi baru gw tulis sekarang. Yang biasa orang-orang tanyain adalah:

  1. Kenapa Gunung Pangrango? Kan puncak nya bagusan Gunung Gede?
  2. Ngapain tektok? Niat banget cuy
  3. Boker dimana?

Yakkk, jawabannya adalah karena waktu itu gw dan beberapa kawan lainnya bertujuan untuk ikut race GP25. Racenya sendiri itu rutenya Cibodas – Kandang Badak – Puncak Pangrango – Mandalawangi – Kandang Badak – Puncak Gede – Surya Kencana – Kandang Badak – Cibodas. Tapi race nya sendiri di cancel, jadi ga sempet ngerasain nih rute

Gile ye, rute nya aja kalo diketik lebih dari 3 baris.

Jadi, gw sama Bun-Bun

Screen Shot 2018-03-13 at 10.04.57 PM
Bun2

yang mau nyoba race ini memutuskan untuk latihan lah dengan trek Pangrango aja. Dimulailah persiapan kita dari H-2 minggu dengan jogging2 lucu + naik turun tangga di kantor beberapa kali.

Untuk detail persiapan, nanti bakal gw bikinin post nya yang lain yah biar ga gitu padet disini. Anyway, Sabtu malem (25 November 2017) gw sama Bun2 udah otw ke TNGP (Taman Nasional Gede Pangrango) dengan rencana trek dimulai pagi hari.

Minggu, 26 November 2017

Gw sarapan oatmeal sama pisang, Bun2 cari hydration bag dadakan. Untungnya ada yang jualan tas ini di TNGP, kita juga baru tau ye kan. Berbekal snack (kurma & coklat cadbury kebanggaan Mondelez), air, ponco, dan medical kit kita langsung tancap gas dari Cibodas.

GP100 bun2
Bun2 dan beberapa perlengkapan dadakannya

Cibodas – Pos 1 (1 jam 11 menit)

Trek Cibodas ini umumnya batu-batu dan berair. Jadi rada sedikit licin kalo dibandingkan dengan Gunung Putri yang notabene tanah. Trek Cibodas lebih panjang dari Gunung Putri tapi tidak se-terjal Gunung Putri. Perjalanan dimulai dengan lari-lari kecil yang kemungkinan cuman bertahan bbrp belas menit dan dilanjutkan dengan jalan cepat hahaha.

pos 1

Pos 1 – Pos Air Panas (42 menit)

Badan mulai adjust sama kondisi lapangan. Dengan seru nya kita terus gas gigi 3. Buat yang mau ke TNGP, jalur ke pos air panas ini udah diperbaiki jadi sangat lebih bagus sekarang. Terakhir gw ke sana, lagi dibuatin pengaman dari tiang – tiang dan tali untuk mencegah orang-orang jatuh ke jurang. Di pos ini bisa istirahat, shalat, rendam2 badan untuk relaksasi. Sayang gw kagak foto, malah adanya foto si Bun2 sama gw.

pos air panas

Pos Air Panas – Kandang Badak (31 menit)

Dari sini ke Kandang Badak udah ga gitu jauh dan jalur nya gak gitu curam, jadi gas gas gas, 31 menit udah sampe. Kandang Badak sendiri tempat orang biasanya ngecamp sebelum summit ke Gede atau Pangrango.

Waktu kita sampe, udah ada rencana untuk re-fill air minum dengan aqua di warung. Tapi ternyata, dah abis air mineralnya. FYI: di Kandang Badak ada 2 warung yang jualan air, popmie, dan gorengan. Biasanya warung ini ada waktu weekend tapi ga ada di weekdays.

Btw, di Kandang Badak ini udah ada toilet yang ada ruangan juga sekarang. Jadi kalo ada yang nanya: Gmn gw eek dengan nyaman? Di Kandang Badak.

kdg badak waktu naikujan di kdg badakHujan turun, ponco keluar. Kencing, isi air, isi tenaga, gas langsung Puncak Pangrango

Kandang Badak – Puncak Pangrango (2 jam sekian)

GILA! Treknya SUSAH ABIS!!! Menurut gw tuh kayak gini: (skala 1-10)

  • Kandang Badak – Puncak Gede: Difficulty level 6
  • Kandang Badak – Puncak Pangrango: Difficulty level 9 (karena 10 hanya milik Tuhan YME)

Literally susah coy, aseli. Kagak bisa lari, kagak bisa kenceng. Di sini trek nya banyak ranting, pohon tumbang dan hujan. Saking susahnya, udah males dah gw foto-foto. Berat banget aseli. Kalo kata Bun2, lebih susah Pangrango daripada Semeru. Gak tau dah lebay ato kagak, secara gw sendiri belom pernah Semeru.

Ngemeng2 tentang Bun2, di trek ini dia beberapa kali kakinya mau ketarik. Jadi di sini lah, kalo trail run, jangan lupa bawa salep anti otot. Waktu itu gw bawa Dencorub (pain relieving creams and gels dari Aussie) yang ternyata manjur banget – sumpah ini bukan iklan, tapi buat hiking, gw ga pernah make medical kit sampai saat ini. Setelah perjuangan yang berat banget, puncak yang ga ada pemandangannya ini pun terasa sangat membanggakan.

Beres dari puncak, jangan lupa ke Mandalawangi yek. Cuman 2 menit kok jalan kaki asli. Sayangnya, karena keadaan kita lagi hujan, semuanya berkabut.

Puncak Pangrango – Kandang Badak (2 jam sekian)

Whatever goes up, must come down. Gasss turun, tapi gak berani kenceng2 karena Bun2 masih ketarik beberapa kali dan trek masih licin karena hujan. Waktu turun, kita ketemu beberapa orang yang naik juga dengan hydration vest dan ponco. Bedanya, naiknya pake BIB number yang ada tulisannya: GP100.

GP100 ini artinya rute yang gw tulis tadi: Cibodas – Kandang Badak – Puncak Pangrango – Mandalawangi – Kandang Badak – Puncak Gede – Surya Kencana – Kandang Badak – Cibodas. Yang ruteny aaja 3 baris ini DIKALI 4 COY! 

Begitu liat tuh BIB number, gw cuman bisa “gila, gw berasa garem di Nasi Padang. Kagak keliatan”

kdg badak waktu turun

Trek kita turun pun masih ditemani hujan rintik – rintik. Total waktu yang kepake selama perjalanan ini 6 jam 47 menit.

Kandang Badak – Basecamp Cibodas (1 jam 32 menit)

Turun dari Kandang Badak ini waktu gas gigi 5. Ini baru seru nya trail run wakakakkaa. Nanjaknya jalan, turunnya baru lari. Karena ga kesampean lari lari di Pangrango – Kandang Badak, baru bisa kita lakuin di sini.

Ini juga lari ga banyak-banyak, paling banter 30 menit wkwkwkwk karena masih licin licin juga beberapa. Akhirnya kita finish di 8 jam 19 menit. Lumayan seru, badan lumayan rontok, masih harus nyetir ke Jakarta, tapi kaki untungnya masih bisa diajak kerja sama =))

finishhhscreenshot_20180314-223602.png

Sekian post kali ini, bosen juga ye nulis blog isinya Gepang melulu. Tapi ya, inilah cerita sorang karyawan yang memiliki keterbatasan waktu masih mau jalan-jalan.

Kategori Gede Pangrango

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

Email herwian@gmail.com Jam I will help you ASAP. Just drop me an e-mail :)
%d blogger menyukai ini:
search previous next tag category expand menu location phone mail time cart zoom edit close