Gunung Ciremai – Atap Tertinggi Jawa Barat

Peserta

peserta ciremai
Samuel, gw, alay

Rencana awal Cikuray, berakhir di perjalanan Ciremai. Gw, Samuel, dan Alay mulai berangkat dari Jakarta hari Jumat, jam 11 malam naik mobil pribadi. Sampe di Terminal Maja, Kuningan jam 4 atau 5 subuh, langsung di sapa sama Gunung Ciremai.

Dari terminal, kita naik mobil bak sampai ke basecamp. Untuk biayanya gw rada lupa, tapi sekitar 50ribuan gitu per orang. Kalo mau ngide bawa mobil sendiri juga bisa, cuman jalannya sempit dan susah deket jurang mepet2 gitu. Menurut gw sih ga worth the risk.

Begitu sampe basecamp, kita beli nasi bungkus dan urus izin pendakian. Di sini, diwajibkan bayar Rp50.000 untuk simaksi dan sudah dapat makan siang (nasi tahu & tempe) seinget gw. Setelah cek barang final dan beli lauk tambahan, mulai lah kita ngedaki Ciremai.

basecamp ciremai
Basecamp Ciremai

pos simaksi ciremai
Pos mulai pendakian

Pendakian pun kita mulai, gresssssss. Jalurnya rata2 tanah, cuman ada beberapa tanjakan curam yang rada licin. Mungkin licin karena waktu gw naek lagi sering musim hujan. Tapi untuk akses ke atas, banyak tali yang udah disiapin, jadi no worries guys.

Karena di gunung Ciremai ga ada sumber mata air, kita ngehemat air dengan jatah 1 orang bawa 3 liter. Lumayan banyak karena kita milih jalan cepet tapi banyak minum untuk menghindari hujan yang diperkirakan datang sore hari. Alhasil, 2 botol habis untuk kita ber3, tapi kita sampai di tempat kemah. Untuk tempat kemah sendiri, kita memilih di 1 pos sebelum Goa Walet. Karena udah ga boleh lagi ngecamp di Post Goa Walet.

post 5 camp ciremai
Camp Site

Bangun kemah, langsung istirahat. Badan capek, semaleman nyetir terosss. Tidur suasana dingin emang enak banget di Ciremai.

Begitu kita bangun jam 7 malem, gerimis udah turun. Lama-lama hujan gede. Bersyukur banget kita ngebut jalan di awal dan sampe camp site lebih awal. Pelajaran berharga dari Ciremai: pastiin cuaca kayak gimana. Emang ga ada yang 100% bener, tapi lebih baik siap-siap untuk sampai camp site lebih awal daripada lama di pendakian. Ini yang selalu gw pegang, jadi untuk waktu istirahat selama nge-trek biasanya di-limit antara 2-10 menit.

Makan, istirahat lagi. Persiapan summit attack, Alay memutuskan untuk ga ikut. Gw sama Sam siap untuk summit. Kita set alarm untuk bangun jam 02.00.

ian di jalur pendakian
Going to the top, bawa 1 botol buat ber2

Setelah ngedaki +- 2-3 jam, kita summit. Gw sama Sam team ke 2 yang summit hari itu. Beruntung banget sampe waktu awan mulai turun dan matahari mulai naik. Buat gw, Puncak Ciremai adalah puncak terbaik yang gw lihat waktu itu.

Puas foto-foto, kita gas turun. Di sini, air kita hilang =)). Jadi waktu turun, kita sempet dikasih air sama pendaki lain. Bersyukur banget, tapi belajar juga untuk ga ceroboh. He he. Begitu sampe di camp, kita masak sarapan bareng Alay. Alay udah beresin barang2, jadi enak tinggal masak2 HE HE HE.

camp ciremai

Dari sini, kita ngegas turun kurang lebih 2-3 jam. Gw rada lupa sih waktu pastinya. Tapi begitu turun, kita dapet sertifikat karena udah kelar pendakian Ciremai.

Buat gw, gunung Ciremai adalah gunung pertama yang gw puas banget ngeliat puncaknya. Pendakiannya oke, jalurnya juga menantang tapi ga cukup menganiaya banget. Really recommend people to hike this mountain!